SehatTips

5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Kemarau

Foto: Shutterstock

Saat musim kemarau, udara cenderung lebih kering dan berangin serta berdebu. Peningkatan suhu pada musim kemarau berpengaruh pada metabolisme tubuh. Oleh karena itu di musim kemarau, tubuh rentan terkena berbagai macam penyakit. Maka sangat penting menjaga daya tahan tubuh agar tidak sakit. Bagi kamu yang sering aktivitas di luar ruangan, kamu perlu lebih ekstra menjaga daya tahan tubuhmu. Berikut adalah tips menjaga daya tahan tubuh di musim kemarau.

aldoAdit@Official18

 

Banyak Minum Air Putih

Saat musim kemarau ada peningkatan suhu udara menjadi lebih panas dan kering. Maka kamu perlu menjaga tubuh agar terhindar dari kondisi dehidrasi. Salah satu cara mencegah dehidrasi adalah dengan perbanyak minum air putih. Air putih memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu mencegah tubuh yang kekurangan cairan atau dehidrasi. Air putih juga membantu elastisitas kulit dan mencegah kerutan di wajah. Konsumsilah air putih secukupnya, yang dianjurkan adalah mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari. Sebaiknya porsi minum air lebih diatur yaitu 2 gelas setiap pagi, 4 gelas saat siang dan sore, dan 2 gelas saat malam hari.

 

Cukup Tidur

Memiliki waktu tidur atau jam istirahat yang cukup bagi kesehatan kamu. Maksimal kamu memiliki jam tidur selama 8 jam. Setelah padatnya aktivitas sehari-hari, tubuhmu perlu istirahat yang cukup agar rutinitas keesokan hari yang biasa dilakukan dapat berjalan dengan lancar.

 

Memperhatikan Asupan Makanan

Kondisi udara yang berdebu akan membuat bakteri dan virus berkembang dengan pesat. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan asupan makanan dan minuman, pastikan makanan dan minuman higenis dan begizi serta kaya akan serat. Makanan yang tidak sehat dan kotor akan menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare. Selain itu, jagalah kebersihan tangan saat akan makan.

 

Perhatikan Kebersihan Diri

 

Setelah beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan, sangat penting kamu menjaga kebersihan diri. Itu semua agar kamu terlindungi dari berbagai bakteri dan virus. Sebaiknya membersihkan diri dengan mandi minimal dua kali sehari.

 

Berolahraga agar Tubuh Tetap Bugar

 

Rutin melakukan olahraga akan menjaga daya tahan tubuh lebih maksimal, sehingga tubuh tidak mudah diserang penyakit. Kamu perlu menyesuaikan jenis aktivitas fisik apa yang kamu butuhkan. Tidak perlu olahraga berat cukup dengan olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, dan lain sebagainya jika dilakukan secara rutin dan teratur, maka tubuhmu akan bugar.

 

Itulah berbagai tips menjaga daya tahan tubuh agar tetap bugar selama musim kemarau. Yang terpenting adalah kamu harus selalu menjaga pola hidup sehat dengan konsumsi makanan yang bergizi dan kaya serat, banyak minum air putih, cukup tidur di malam hari, dan olahraga yang rutin dan teratur.

 

Baca Juga :

6 Manfaat Sering Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Pentingnya Sarapan di Pagi Hari yang Tidak Boleh Terlewatkan

viny
the authorviny

1 Komentar

Tinggalkan Balasan