Life

KUIS: Apakah Kamu termasuk dalam Tipe Ekstrovert atau Introvert?

Source. Shutterstock

Dari kuis berikut kamu akan mengetahui apa tipe kepribadian kamu, bisa introvert atau ekstrovert. Jawab setiap pertanyaan berikut dengan Ya atau Tidak, jawab yang paling sesuai dengan diri kamu. Baca baik-baik setiap pernyataan dan siapkan catatan kecil untuk menuliskan jawaban kamu.

aldoAdit@Official18
  1. Saya lebih nyaman mengerjakan tugas individu daripada tugas berkelompok
  2. Saya senang menyendiri
  3. Saya sering mengungkapkan isi hati lewat tulisan
  4. Saya tidak suka basa-basi, tapi senang obrolan mendalam tentang topik yang menarik perhatian
  5. Orang-orang bilang saya adalah pendengar yang baik
  6. Saya lebih memilih menonton bioskop daripada konser musik
  7. Saya merayakan ulang tahun hanya dengan orang-orang terdekat yang jumlahnya sedikit, yaitu satu atau dua sahabat atau hanya dengan anggota keluarga
  8. Sebelum berbicara, biasanya saya akan berpikir berkali-kali
  9. Saya mudah fokus terhadap sesuatu
  10. Orang-orang bilang saya itu orang yang lemah lembut
  11. Saya menyelesaikan tugas dengan usaha sendiri
  12. Saya tidak pernah memulai pembicaraan dengan orang lain
  13. Saya merencanakan dengan baik agenda beberapa hari ke depan
  14. Ketika diskusi kelompok, saya akan mengikuti suara terbanyak
  15. Saya tidak suka berada di tempat ramai

 

Nah, sudah dijawab semua pernyataannya? Sekarang kita akan ungkap jawabannya. Jika kamu lebih banyak menjawan Ya, berarti kamu adalah seorang introvert, sebaliknya jika kamu lebih banyak menjawab Tidak, berarti kamu adalah seorang ekstrovert. Jika jawaban Ya dan Tidak imbang atau sama banyak, berarti kamu adalah seorang ambivert. Semua tipe kepribadian ada kelebihan dan kelemahannya, berikut ulasannya.

 

Introvert

Introvert adalah tipe kepribadian manusia yang lebih mengarah pada pikiran manusia itu sendiri. Orang-orang introvert cenderung pemalu dan tidak terbuka dengan orang lain. orang introvert akan menjadi pendengar yang baik, ia terbiasa fokus terhadap sesuatu karena tidak mudah terganggung dengan keadaan sekitarnya. Memang ia sulit untuk membuka obrolan dan tidak pandai berbasa-basi, namun jika sudah berada dengan orang-orang yang membuatnya nyaman, ia akan banyak bercerita banyak hal.

 

Ekstrovert

Ekstrovert adalah kebalikan dari tipe kepribadian introvert. Ekstrovert lebih berkaitan dengan dunia luar manusia. Orang-orang ekstrovert biasanya percaya diri dan lebih bisa membuka diri bahkan terhadap orang yang baru dikenalnya. Ia tidak terlalu terikat pada jadwal atau rencana, sebaliknya ia suka spontanitas. Dalam kelompok, biasanya orang ekstrovert adalah seseorang yang menjadi moodbooster di kelompoknya dan bisa membuat tertawa dengan gurauan-gurauannya. Ia tidak canggung dengan orang yang baru dikenal dan bisa memulai obrolan dengan baik.

 

Ambivert

Tipe ambivert adalah perpaduan antara introvert dan ekstrovert. Orang-orang ambivert memiliki kemampuan beradaptasi yang baik, karena ia mampu menjadi introvert dan ekstrovert sesuai dengan situasi dan kondisi saat itu. Mempunyai tipe kepribadian ini ada kelebihan dan kelemahannya. Kelebihannya, orang ambivert adalah orang yang fleksibel karena mampu beradaptasi dengan baik di lingkungannya. Namun, orang ambivert dikenal sebagai orang yang moody karena suasana hatinya yang berubah-ubah.

Semoga bermanfaat yaa! 😀

 

Baca Juga :

Kenali dan Ketahui Ciri-Ciri Orang yang Berbohong

6 Cara Mengetahui Kepribadian lewat Tanda Tangan

 

viny
the authorviny

2 Komentar

Tinggalkan Balasan