Relationship

Inilah Perbedaan Posesif dan Protektif. Termasuk Manakah Pasanganmu?

Photo: Kai & Krystal on W Magazine

Mungkin kamu pernah menemukan pasangan atau pacar yang sering melarang kamu untuk melakukan sesuatu dan parahnya membatasi ruang gerakmu. Tidak boleh berkumpul dengan teman-teman untuk sekedar mengobrol dan hangout, jika tidak ada dirinya. Alasannya ia ingin melindungimu, pastinya kamu risih dengan sikap berlebihan pasanganmu itu. Sebenarnya sangat wajar jika pasanganmu bermaksud ingin melindungimu namun tidak jarang sikap protektif tersebut justru akan cenderung posesif. Agar kamu tidak bingung, apa sih perbedaan protektif dan posesif? Simak ulasan perbedaan posesif dan protektif berikut ini.

aldoAdit@Official18

 

Dilihat Dari Arti Kata

Jika dilihat dari arti atau makna kata, tentu sangat jelas perbedaan posesif dan protektif. Arti kata protektif berarti melindungi sedangkan posesif adalah suatu sifat cemburu dan rasa ingin memiliki yang berlebihan. Sikap posesif ditandai dengan melarang kamu untuk melakukan sesuatu sekalipun hal tersebut adalah hal yang positif, ia akan berusaha keras melarangmu.

 

Dilihat dari Rasa Khawatir

Pasangan yang protektif menunjukkan rasa khawatirnya dengan cara berbeda dengan yang posesif. Orang yang protektif akan bertanya keberadaanmu saat tidak bersamanya, namun ia hanya akan mengingatkan agar kamu berhati-hati dan kamu pun tidak perlu mengabarinya setiap menit serta tidak menuntut untuk cepat membalas pesan-pesannya. Sedangkan pasangan yang posesif akan sering bertanya seolah-olah sedang menginterogasimu serta akan menuntut mengabarinya setiap saat.

 

Dilihat dari Kebiasaan

Protektif dan posesif memang sama-sama banyak bertanya. Orang – orang yang protektif akan cenderung banyak bertanya padamu sebetulnya karena mereka perhatian dan tidak ingin hal buruk terjadi padamu. Sedangkan pasangan yang posesif banyak bertanya karena mereka mencurigai bahkan curiga pada hal yang tidak penting.

 

Dilihat dari Kepercayaan

Pasangan yang protektif akan lebih percaya padamu dan tidak melarangmu ini-itu. Dia yang posesif akan membuatmu tidak nyaman dengan sifatnya yang menuntut kamu harus meminta izin darinya jika akan melakukan sesuatu. Misalnya, mau pergi ke minimarket harus kasih kabar dan minta izin, jika ingin hangout dengan teman-teman harus minta izin. Namun tetap saja ia akan melarangmu dan membatasi gerak-gerikmu.

 

Dilihat dari Toleransi

 

Orang yang protektif akan selalu mengingatkan kamu untuk menjaga diri, sedangkan orang yang posesif akan menuntutmu supaya selalu bersamanya. Pasangan yang protektif tidak akan melarang tanpa alasan yang logis. Misalnya, kamu akan pergi dengan teman pukul 10 malam, tentu saja orang yang protektif akan sangat khawatir dan melarangmu karena memang sudah terlalu larut untuk bepergian.

 

Baca Juga :

7 Tanda Hubungan LDR akan Awet dan Baik-baik Saja

Cara Setiap Zodiak dalam Mengungkapkan Cinta

 

viny
the authorviny

Tinggalkan Balasan