LifestyleSehatTips

Olahraga di Kantor yang Membuat Kamu Lebih Sehat

Foto: The Guardian

Bagi pegawai kantoran pasti terbiasa duduk lama karena tuntutan pekerjaan. Terlalu lama duduk pasti sangat melelahkan. Selain itu, duduk terlalu lama berdampak buruk bagi kesehatanmu dan dapat meningkatkan resiko terkena penyakit serius seperti serangan jantung, diabetes, atau bahkan mungkin kanker. Posisi duduk yang salah pun dapat menyebabkan badan lebih cepat lelah dan bahkan dapat menyebabkan tulang punggung  bengkok yang membuatmu terlihat bungkuk. Tidak mau kan sampai seperti itu? Berikut kami berikan rekomendasi aktivitas ringan dan olahraga di kantor yang dapat kamu lakukan untuk setidaknya merubah kebiasaan dulu kamu menjadi kebiasaan yang lebih baik.

aldoAdit@Official18

 

Mulailah menggunakan Tangga

Kalau kamu sehari-hari untuk naik atau turun lantai selalu menggunakan lift, mulai dari sekarang biasakanlah sesekali menggunakan tangga. Tidak perlu setiap hari cukup dua hari sekali kamu menggunakan tangga. Meskipun terdengar sepele, namun kegiatan ini bermanfaat lho untuk membantu membakar kalori dalam tubuhmu. Selain itu, aktifitas turun dan menaiki tangga dapat melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, dan bisa juga menaikan mood kamu lho!.

 

Melakukan Peregangan

Olahraga di kantor yang sangat ringan dan menyenangkan namun membawa dampak yang luar biasa bagi tubuh dan pikiran kita. Kamu dapat melakukan peregangan dimulai dari peregangan tangan,kepala, sampai punggung. Pasti dengan rutinitas jam kerja kita membuat tubuh dan pikiran kita letih,  olahraga di kantor dengan melakukan aktifitas peregangan sangat membantu menghilangkan kepenatanmu dan membuat pikiranmu lebih segar.

 

Senam Mata

Tentu mata adalah salah satu bagian atau organ tubuh yang paling merasakan lelah akibat rutinitas pekerjaan kita. Pada saat pulang dan sudah dirumah pun seolah-olah “yaampun kerjaan udah selesai mata masih aja pegel” kamu pernah merasakan seperti itu?. Tidak dilazimkan untuk mengucek mata terlalu lama meskipun terasa berair dan gatal, kamu bisa membasuh mata kamu dengan air jika mata kamu terasa gatal. Oh iya, sempatkanlah waktu kamu untuk melakukan senam mata.  Dengan melatih mata kamu untuk melihat objek jauh dan usahakan lebih mendetail dalam mendeskripsikan objek yang anda lihat seperti, bagaimana bentuknya, berapa banyak motif yang terdapat dalam objek tersebut,atau bahkan sampai mengira-ngira tekstur dari objek tersebut apakah kasar atau halus. Kegiatan ini membantu mata kita semakin tajam dan mengasah ketelitian kita terhadap objek yang kita amati, dan tentunya merilekskan otot-otot sineris mata.

 

Olahraga Calisthenic Juga Bisa lho!

Kalau kamu mengira olahraga calisthenic yang dilakukan disini itu berat dan membutuhkan tenaga yang ekstra, perkiraan kamu salah!. Dalam kantor pun kamu bisa melakukan kegiatan calisthenic ini namun, bedanya pada cara melakukannya sehingga intensitas yang dirasakan tidak terlalu berat. Tempatkanlah kedua telapak tangan kamu diatas meja seperti hendak melakukan push up tetapi, posisi badan tidak sejajar horisontal seperti pushup pada umumnya. Posisi badan menyerong dengan posisi kedua telapak tangan tetap menempel diatas meja. Lalu, lakukanlah pushup seperti biasa.

 

Air Mineral Jauh Lebih Sehat

Bagi orang dewasa, minum air mineral 2 liter atau 8 gelas per hari adalah sebuah kewajiban untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh. Air mineral dapat mengaktifkan sel darah merah yang mengakibatkan kadar oksigen dalam darah meningkat, sehingga membuat tetap bersemangat sepanjang hari. Selain itu, air mineral juga dapat membantu mencegah dehidrasi dan secara alami menghindari datangnya sakit kepala.

 

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak hidup sehat, meskipun waktu dan keadaanmu terbatas kamu tetap bisa mengotimalkan hal tersebut untuk melakukan hal yang setidaknya membantu diri kita menjadi insan yang lebih baik dalam kesehatan. Selamat mencoba olahraga di kantor!

 

Baca Juga:

6 Manfaat Sering Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Kemarau

 

 

 

viny
the authorviny

Tinggalkan Balasan