Life

Kamu Mengalami Fobia? Atasi dengan Cara Ini

Foto: Alodokter

Rasa takut sangat wajar dirasakan dan dimiliki seseorang. Fobia adalah rasa takut yang berlebihan pada sesuatu. Fobia timbul akibat perasaan cemas yang sangat kuat dan direaksikan oleh tubuh. Fobia ketinggian, ruangan gelap, fobia laba-laba adalah fobia yang paling umum. Jika fobia yang kamu alami sudah termasuk parah, kamu harus mengobati fobia kamu dengan konsultasi dengan psikolog atau datang ke dokter dan mengonsumsi obat-obatan yang dianjurkan. Jika fobia yang kamu alami masih belum parah dan ringan, kamu bisa mengatasinya dengan cara-cara berikut ini.

aldoAdit@Official18

 

Mengidentifikasi Ketakutan yang Kamu Miliki

Tulis di bukumu apa saja yang membuatmu takut dan kenapa kamu takut akan hal tersebut. Setelah kamu menuliskan hal-hal yang membuatmu takut, kamu akan mengetahui ketakutanmu yang sebenarnya. Lalu tuliskan alasan kamu takut, tulis dengan sedetail mungkin pengalaman yang kamu miliki dan dimana kamu mengalami fobia tersebut. Ini akan membatu mengatasi ketakutanmu.

 

Tuliskan Tujuan

Tuliskan tujuan yang ingin kamu capai untuk mengatasi rasa takutmu. Menuliskan tujuan akan membantu proses penyembuhan dari rasa takutmu. Selain itu juga peluangmu untuk sembuh dari ketakutanmu akan lebih besar. Tuliskan tujuan yang rinci dan bukan tujuan secara garis besar dan samar. Misalnya, kamu takut berada di ruangan yang gelap, kamu bisa menuliskan tujuanmu yaitu supaya kamu bisa tidur dengan mematikan lampu maka tidur akan berkualitas dan bagus untuk kesehatanmu.

 

Mengalihkan Perhatian

Kamu bisa mempraktekkan mengobati ketakutanmu dengan cara pengalihan perhatian. Saat berada pada situasi yang membuatmu takut, kamu harus bisa berpikiran positif dan mengalihkan perhatianmu dengan memikirkan hal-hal yang indah dan membuatmu bahagia.

 

Berbicara dengan Orang Terdekat tentang Fobia yang Kamu Miliki

Kamu harus mengatakan pada orang-orang terdekatmu tentang ketakutan yang kamu miliki. Kamu bisa memberi penjelasan pada mereka bahwa kamu takut pada hal tertentu dan diharapkan mereka akan menolongmu saat dalam keadaan terdesak.

 

Relaksasi

Cara lain yang bisa kamu coba adalah dengan relaksasi. Setiap orang punya caranya sendiri untuk rileks. Temukan hal-hal yang bisa membuatmu rileks. Kamu bisa membayangkan kamu berada di pantai yang indah dengan sayup-sayup deburan ombak atau kamu bisa membayangkan kamu sedang berada di gunung dengan pemandangan hijau yang luas. Bayangkanlah sambil menghirup nafas dan buang nafas dengan teratur.

 

Itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ketakutan yang kamu miliki. Ketakutan yang berlebihan akan berbahaya untuk sistem saraf dan tekanan darahmu. Maka, pengobatan profesional kamu perlukan untuk mengatasi masalah tersebut. Kamu bisa datang ke psikolog untuk mengkonsultasikan masalah ketakutanmu itu. Dengan bantuan psikolog, kamu akan menemukan cara yang tepat untuk mengatasi masalahmu.

 

Baca Juga :

4 Cara mengungkap Jati Diri

KUIS: Apakah Kamu Termasuk Ekstrovert atau Introvert?

viny
the authorviny

Tinggalkan Balasan