Sehat

5 Terapi Unik Menggunakan Hewan yang Menjadi Solusi Pengobatan

Foto: Pinterest

Di zaman yang sudah sangat modern saat ini, berbagai macam teknologi dan pembaharuan terus dikembangkan di dunia kesehatan. Namun, terlepas dari sudah berkembangnya teknologi dalam bidang kesehatan tidak sedikit pula masyarakat yang masih mempercayai pengobatan tradisional dan melakukan ter api sebagai alternatif jalan menuju kesehatan mereka yang lebih baik. Berbagai macam variasi metode pengobatan diantaranya, dimulai dari menggunakan alat pembantu pengobatan biasa seperti pengobatan gurah mata hingga yang menggunakan hewan sebagai perantaranya,  seperti lintah. Tentu, tak sedikit pula yang menganggap terapi hewan sebagai terapi yang nyeleneh dan sedikit menjijikan bagi sebagian orang. Berikut kami berikan beberapa contoh terapi kesehatan yang menggunakan hewan sebagai perantaranya

aldoAdit@Official18

 

Terapi Lintah

Tentu sudah tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat indonesia. Pengobatan ini mulai booming di masyarakat Indonesia pada awal tahun 2009. Metode ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit diabetes, serangan jantung,  saraf terjepit, cedera otot, dan tentunya membuang darah kotor. Cara kerjanya yakni dengan cara menempatkan dua ekor lintah pada titik yang menjadi pusat atau sumber penyakit tersebut selama setengah sampai satu jam, lalu lintah dilepas dan si pasien diberikan sajian ramuan herbal tuk membantu proses penyehatan. Pada saat lintah menempel pada kulit, lintah mengeluarkan lendir yang berfungsi untuk meregenerai saraf, mengeluarkan darah kotor dan dipercaya menyembuhkan penyakit. wallahualam.

 

Terapi Kucing

Kalian pasti baru mendengar pengobatan yang satu ini, ya terapi yang menggunakan kucing sebagai mediatornya. Terapi ini ditujukan untuk orang yang memiliki masalah mental seperti agresif dan orang yang lemah dalam pengontrolan emosi diri. Cara kerjanya yaitu dengan memberikan interaksi antara pasien dengan kucing. Pengobatan ini memberikan stimulan menenangkan dan diharapkan si pasien dapat mengontrol emosinya lebih baik.

 

Terapi Ikan Gararufa

pengobatan ini  yang paling mudah dan nikmat. Ikan gararufa merupakan ikan yang berasal dari negara turki. Pengobatan ini banyak disukai karena selain membuat kulit kita bersih kita juga dapat merasakan sensasi yang berbeda yaitu sensasi seperti “dijiwit” oleh ribuan ikan gararufa. Celupkan kaki atau tangan kita pada kolam ikan gararufa, lalu ribuan ikan gararufa mengerubungi kita dan memakan kulit mati yang menempel pada kulit kita. Tapi, jangan terlalu lama menyelupkan kaki atau tangan kita di air karena, dapat membuat kulit menjadi lunak, cukup 30 menit saja. Manfaat lain yang didapatkan yaitu memberikan efek rileks seperti dipijat halus, dapat melancarkan peredaran darah dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

 

Terapi Lebah

Awal mula pengoabatan ini yaitu berasal dari daratan tiongkok dan merambah ke timur tengah khususnya Mesir. Terapi lebah ini lebih dulu ada ketimbang perkembangan teknologi kesehatan dimulai di eropa. Cara kerjanya yaitu seperti prinsip akupuntur yakni penekanan pada titik tertentu bedanya, menggunakan sengatan lebah. Pengoabatan ini dipercaya dapat menyembuhkan peradangan.

 

Terapi Lumba-Lumba

Lumba-lumba memang dikenal sebagai hewan yang atraktif dan bersahabat dengan manusia. Disamping itu, lumba-lumba dapat membantu anak autisme dengan cara anak-anak diminta untuk berenang, menyentuh, memberi makan, dan menyentuh serta membelai halus lumba-lumba tersebut. Dibantu terapis dengan serangkain metode terapinya, sehingga terapi dapat berjalan secara maksimal. Tentu pengoabatan  ini tidak dapat sepenuhnya menyembuhkan, hanya membantu meredakan gejala autisme dan menguatkan proses penyembuhan. Para peneliti telah menemukan bahwa berinterkasi dan bermain dengan lumba-lumba dapat membangkitkan kepekaan emosional dan menstimulus pelepasan emosi yang mendalam.

 

Melakukan penyembuhan dengan metode terapi sesungguhnya sah-sah saja karena itu semua bagian dari ikhtiar kita untuk sembuh, selebihnya hanya kuasa Allah swt. yang memberikan kesembuhan. Terima kasih 😀

 

Baca Juga:

Olahraga di Kantor yang Membuat Kamu Lebih Sehat

5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Kemarau

viny
the authorviny

Tinggalkan Balasan